Jadi Kaya dan Rendah Hati

Monday, September 17, 2012

Calo Pajak Motor

Dykapede ~ Calo Pajak Motor

Calo Pajak Motor
Beberapa hari yang lalu, saya pergi menuju kota Bogor untuk membayar pajak motor yang sudah memasuki temponya. Hari itu adalah dimana saya menemukan sejumlah kejanggalan realita kehidupan. Mulai dari seorang petugas profesional sampai ke seorang pengusaha jalanan.
Motor yang saya miliki adalah motor yang tahun rakitannya dibuat pada tahun 90-an, sehingga pembayaran pajaknya pun relatif murah dibandingkan motor keluaran terbaru seperti sekarang.
Sesampainya dikantor samsat kota Bogor, saya langsung menuju parkiran motor. Ada banyak kendaraan disana. Ada banyak orang sibuk lalu-lalang untuk mengurusi kebutuhannya masing-masing dikantor itu.
Ada para petugas provost yang menjaga parkiran. "Wuih, semakin aman saya rasa tempat parkiran itu"
Selang beberapa waktu, saya langsung menuju tempat pengisian formulir untuk memperpanjang pajak. Ada 2 orang laki-laki berbaju formal. Langsung saja saya menghampirinya karena dekat dengan formulir untuk syarat pajak. "Tiba-tiba, laki-laki itu menawarkan untuk mengisi formulir". Hahaha, ternyata kedua laki-laki itu adalah seorang calo pajak motor. Heran saya, si calo itu berpenampilan rapih layaknya seorang manager perusahaan ternama. #skip...
Proses pengurusan pajak motor selesai, dan saya masih duduk ditempat yang tersedia hanya untuk menyaksikan bagaimana cara si calo itu bekerja. Sangat rapih dan terencana.
Pertama, kelompok calo itu berpenampilan formal yang jumlahnya lebih dari 4 orang. Kelompok calo itu berdiri ditempat formulir dimana orang-orang yang ingin membayar pajak motor harus mengambilnya. Kemudian, kelompok calo itu saling menawarkan diri. Ada yang mau diurusinya, dan ada juga yang mengabaikannya. Kuping saya mendengarkan pembicaraan si calo dan korban pajak.
si calo : Mau dibantu mas?
korban : Prosesnya berapa lama?
si calo : "Yah, gak sampe sepuluh menit lah..!
korban : Okelah kalau gitu.
si calo : "Ada uang 30 ribu untuk polisi dalemnya ya"
korban : Langsung memberikan uangnya plus dengan biaya pajaknya...
Alhasil, kurang dari 10 menit si calo keluar dengan membawa berkas-berkas surat baru dari dalam kantor samsat. Kemudian, korban pun pulang dengan memberikan upah dari bantuan si calo itu.

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates