Jadi Kaya dan Rendah Hati

Tuesday, October 9, 2012

Kimia Kebahagiaan

Dykapede ~ Kimia Kebahagiaan

Kimia Kebahagiaan
Selasa malam, putaran kipas dalam kamar dan dapur rumah kompakan memberikan kesejukan sesaat sebelum lampu dipadamkan. Saat itu juga, kutemukan sebuah buku kecil diantara sederatan buku-buku besar lainnya yang berbaris dimeja belajar kamarku. Judul dari buku yang kutemukan itu adalah Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali.

Mungkin, aku seseorang yang menyukai ilmu tentang kehidupan untuk mencapai keberhasilan dunia dan akhhirat, namun belum maksimal. Bercampur warna-warni hitam dan putih. Ada juga warna kebangsaanku yang semakin kusut, yaitu merah putih. Tapiii, masih ada nuansa bening didalamnya.

Malam ini, kulihat dari isi buku ada banyak judul yang menyenangkan untuk dibaca. Jelasnya yang pertama kali adalah kata pengantar, diikuti oleh Pengetahuan Tentang Diri, Pengetahuan Tentang Tuhan, Pengetahuan Tentang Dunia Ini, Pengetahuan Tentang Akhirat sampai berakhir pada Tanda-Tanda Kecintaan Kepada Allah.

Pengetahuan Tentang Diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai dengan Hadist : "Dia yang mengetahui dirinya sendiri, akan mengetahui Tuhan," dan sebagaimana yang tertulis di dalam al-Qur'an : "Akan Kami tunjukkan ayat-ayat Kami di dunia dan di dalam diri mereka, agar kebenaran tampak bagi mereka," nah, tidak ada yang lebih dekat kepada Anda kecuali diri Anda sendiri, bagaimana Anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain, jika Anda berkata : "Saya mengetahui diri saya" - yang berarti bentuk luar Anda; badan, muka, dan anggota-anggota badan lainnya - pengetahuan seperti itu tidak akan pernah bisa menjadi kunci pengetahuan tentang Tuhan. Demikian pula halnya jika pengetahuan Anda hanyalah sekadar bahwa kalau lapar Anda makan, dan kalau marah Anda menyerang seseorang; akankah Anda dapatkan kemajuan-kemajuan lebih lanjut di dalam lintasan ini, mengingat bahwa dalam hal ini hewanlah kawan Anda?

Itulah, halaman 9 dari 123 halaman Kimia Kebahagiaan yang saya temukan. Selanjutnya, saya akan selesaikan baca dulu yaaa :))

Kimia Kebahagiaan, Al-Ghazali

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates