Jadi Kaya dan Rendah Hati

Wednesday, December 26, 2012

Indonesia Tanpa Sampah Jalanan

Indonesia Tanpa Sampah Jalanan
Sumber Gambar : Kompas
Ajaib kali yah, kalau sepanjang jalan Ibukota dan Provinsi Indonesia tanpa ada sampah di pinggiran jalan umum..!! Masalahnya, "emang petugas kebersihan jalanan itu gak butuh istirahat". "Emang petugas kebersihan jalanan itu gak butuh canda-tawa bersama keluarganya".. ya butuhlah..!??

Pagi ini saya hendak menuju kantor. Beda dengan hari sebelumnya, jalanan masih sepi dan belum macet. Saya sering mengendarai motor, dan kebiasaan buruknya adalah selalu clingak-clinguk atau bahasa kerennya nolah-noleh tengok kanan tengok kiri melihat dan memperhatikan keadaan sekitar dijalan. 

Seringkali saya temui hal-hal yang membuat jengkel hati. Seperti pengendara motor yang melaju kencang tanpa memakai helm. Slengean, ngebut seakan jalanan milik kakek nenek moyang keluarga besarnya dan lainnya. Kadang kalau saya membawa mobil operasional kantor untuk tugas promosi, melihat orang yang begitu, spontan langsung teriak, woiii, dasar loe... skip. *kalem.

Terkait dengan cerita diatas, hari ini saya melihat tisu yang keluar dari sebuah mobil dan mengotori jalan yang telah dilewatinya. Beberapa hari yang lalu, kejadian sama terulang kembali. Sebuah bungkus makanan kecil keluar dari dalam mobil. Oh Tuhan, mungkinkah ia menyadari apa yang telah dilakukannya. Sadar atau tidak apa yang mereka lakukan. Selama mengendarai mobil, saya tidak pernah membuang sampah selama berada dijalan. Mungkin, kesadaran kita masih tertutupi oleh jiwa yang lusuh. 

Kebersihan sebagian dari iman
Sumber gambar : http://castilforever.blogspot.com/
Semoga saja, kita semua sadar untuk tidak melakukan hal kecil yang berdampak pada kejadian besar, dan tentu saja kalaulah Indonesia itu tanpa sampah jalanan, kita semua merasakan keindahan dan sejuknya alam yang kita huni walaupun keadaan jalan masih macet.

"Yuk, budayakan kesadaran untuk jiwamu. Karena kebersihan itu sebagian dari iman. Kalau perilakumu seperti kisah diatas, kemana dan dimana imanmu"
Semoga bermanfaat, sehat sukses selalu.


Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates