Jadi Kaya dan Rendah Hati

Tuesday, April 23, 2013

Pemberi Harapan Palsu

Pemberi Harapan Palsu

Tidak ada orang bisa tertipu, kalau ia tidak menipu dirinya sendiri. Dan mereka yang tertipu, adalah membiarkan harapannya yang dipanasi oleh nafsu. Bila ada orang bijak yang telah atau setiap kali kecewa, itu adalah perintah untuk membaikkan diri, untuk kembali dan berharaplah kita hanya kepadaNya.

Ilustrasi cerita dalam bentuk tulisan :



Ini kita dan ini profesi kita. Jarak antara diri dan profesi disebut "proffesional distance".
Orang yang dimarahi profesinya, tidak tersinggung secara pribadi, dan ia berkata "mohon maaf bila Anda  merasa seperti itu, izinkan saya untuk melayani dan melakukan dengan lebih baik lagi.
Mungkin, seorang profesional membedakan dirinya dengan profesinya. Namun,
Saya melaksanakan tugas dan bila saya direndahkan, yang direndahkan adalah tugas saya, sehingga saya harus bersabar, tetapi pribadi saya masih mulya
 Dengan segala keterbatasan saya, saya mengenal istilah raja', yang diambil dari bahasa Arab, yang artinya kurang lebih, harapan atau optimisme. Dalam pengertiannya bahwa Allah akan senantiasa memberikan harapan, yang dengannya seharusnya kita tidak boleh kehilangan harapan. Harapan apakah itu :
  • Harapan akan pengampunan dosa.
  • Harapan akan kesembuhan penyakit.
  • Harapan akan lulus sekolah.
  • Harapan akan diwisuda.
  • Harapan akan segera menikah.
  • Harapan akan segera memiliki anak.
  • Harapan akan segera mendapatkan pekerjaan.
  • Harapan akan perubahan kualitas hidup dan kehidupan.
  • Harapan bisa keluar dari kesulitan.
  • Harapan bisa mendapatkan jawaban dari setiap permasalahan.
  • Harapan bisa mempertahankan atau bahkan bisa memperbaiki kinerja perusahaan dan lainnya.
Pokoknya harapan apa saja

Sikap yang ingin ditumbuhkan dari raja' ini adalah optimisme dan husnudzan kepada Allah sang pencipta, seraya meyakini Allah dari sisi positif (apa ada sisi negatif dari Tuhan?).

Saya membedakan raja' dengan tamanny, Raja' adalah keterpautan hati dengan gerak lahir kepada sesuatu yang diinginkan di masa depan.
Sedangkan tamanny adalah sekedar berandai-andai, angan-angan kosong. Raja' adalah sifat terpuji, sedangkan tamanny adalah sifat tercela.

Kaitannya dengan perasaan berdosa, potongan syair berikut ini bisa dianggap mewakili mereka yang putus asa karena keburukan yang dilakukannya,

Aku merasa begitu kotor dan hina. Hingga kalau aku mendekat kepada maya, mayat itu akan melompat dan berlari menjauh!
Semoga bermanfaat dan sehat sukses selalu...

Sumber Media : Youtube
Sumber kutipan : Kun Fayakun oleh Yusuf Mansyur dan Talk Show Mario Teguh

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates