Jadi Kaya dan Rendah Hati

Saturday, May 4, 2013

15 Tips Mengembangkan Otak Anda!

 15 Tips Mengembangkan Otak Anda

1.   Gunakan atau Anda akan kehilangannya. Bila kita berbaring terus menerus, maka otot otot kita akan melemah dan berkurang terus. Demikian juga dengan otak kita. Kalau jarang dipakai. Penelitian menunjukkan, otak yang aktif memperkecil kemungkinan kelainan kognitif, kepikunan, alzheimer pada tahapan lanjut usianya. (MSB jadi teringat humor yang mengatakan bahwa otak bekas orang Indonesia masih berharga mahal?)

2.   Memberi makan otak. Makanan terbaik otak adalah buah buahan dan sayuran segar yang memberikan anti oksidan, karbohidrat dan asam folfat. Juga diperlukan protein yang didapatkan dari telur, ikan, daging. Lemak Omega 3 didapat dari minyak ikan. Gula, alkohol, obat obatan dan lemak berdampak buruk buat otak, terutama dalam jumlah banyak.

3. Terus belajar. Belajar sendiri akan membantu mengembangkan otak, apapun topik pembelajarannya. Kita dapat belajar dari buku, VCD, DVD, internet, training, seminar, dari teman teman, dsb.

4.   Keragaman adalah bumbu hidup. Keragaman dalam pekerjaan, kegiatan pengisi waktu luang, hiburan, percakapan, perjalanan, kegiatan sosial dapat membantu merangsang dan melatih otak. Lakukan variasi dalam hidup termasuk melakukan yang tidak lazim, misalnya coba memakai tangan kiri untuk aktifitas yang biasanya dilakukan dengan tangan kanan.

5.   Latihan fisik. Olahraga akan memperlancar aliran darah dan oksigen ke kepala. (otak yang beratnya hanya 2% dari tubuh kita, mengkonsumsi 20% oksigen). Gerakan-gerakan yang melatih koordinasi ritme, langkah dan pergerakan disaat berolahraga.

6.   Tidur Nyenyak. Tidur membantu kesegaran otak, memperkuat dan memperbaiki daya ingat. Penelitian di Kanada: pelajar yang mempersiapkan ujian dan tidur dengan cukup memperoleh nilai lebih tinggi, daripada yang begadang.

7. Membaca. Aktifitas membaca sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan merangsang otak. Bagaimana kalau menonton TV/CD atau cuma mendengarkan radio? Saya kira sama saja ya… kan sama-sama pake’ otak. 

8.   Mengingat. Berlatihlah menggunakan ingatan, latihlah memori setiap hari...dan kita akan melihat perkembangan kemampuannya.

9.  Menggunakan angka. Cobalah menggunakan aritmatika mental setiap hari. Hindari kalkulator, usahakan menghitung diluar kepala, misalnya disaat menghitung kembalian belanja. Berlatihlah melakukan pertambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian tanpa alat hitung. Ini amat berguna untuk otak.

10.Mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat mengembangkan dan merangsang bagian bagian otak, serta mengubah suasana hati. Ketika mendengarkan musik, bertanyalah pada diri sendiri:”Apa yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu ini dan bagaimana dia menyampaikannya?”. Dengarkan kontribusi masing masing instrumen itu dan upaya sang komposer memadukan semua instrumen tadi.

11.Mempelajari bahasa asing. Bahasa yang kita gunakan membantu membentuk cara kerja pikiran kita. Mempelajari bahasa lain akan memperluas pikiran dan membantu kita untuk melihat sesuatu dengan cara baru. Tontonlah film berbahasa asing, baca buku buku, koran berbahasa asing......kunjungi negara lain, yang memberikan tantangan dua kali lebih keras.

12.Mengajar. Ada ungkapan:”Bila anda ingin mempelajari sebuah bidang, maka ajarkan bidang itu”. Bagi seorang pemikir, mengajar menghadirkan sebuah tantangan intelektual dan pribadi yang besar. Yang ini sesuai dengan pengalaman.

13.Bergaul dengan orang cerdas. Habiskan waktu dengan orang yang cerdas, menarik dan menyenangkan, suka membaca, berwawasan luas, mampu mengungkapkan pendapat dengan baik, mampu menggali potensi orang lain, yang mempunyai pandangan yang berbeda, yang menentang opini kita.

14.Bekerja sukarela. Melakukan pekerjaan sukarela akan menempatkan diri anda pada sebuah situasi berbeda, dimana Anda dapat membantu orang lain dan pada saat bersamaan belajar dari orang lain.

15.Menyanyi. Belajarlah menyanyi secara harmonis, dalam kelompok. Otak kita memerlukan latihan, tantangan dan rangsangan.
 
Sumber : Bagus H Jihad
 
Semoga bermanfaat, sehat sukses selalu

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates