Jadi Kaya dan Rendah Hati

Saturday, December 14, 2013

5 Tips Cegah Anorexia Nervosa Pada Remaja

5 Tips Cegah Anorexia Nervosa Pada Remaja
Sumber Gambar : www.vemale.com
Anorexia Nervosa merupakan suatu kondisi kesehatan serius yang ditandai dengan penolakan makan sehingga menyebabkan berat badan yang sangat rendah.Orang yang menderita anorexia nervosa akan melaparkan diri untuk mendapatkan tubuh “sempurna”. Penderita anorexia merasa tubuh mereka terlalu gemuk meskipun sebenarnya tubuh mereka sudah sangat kurus.
Selain melaparkan diri, orang dengan anorexia cenderung selalu menghitung asupan kalori yang mereka terima, berolahraga secara ekstrim, menggunakan diuretik atau memuntahkan makanan untuk menurunkan berat badan, dan kecemasan irasional terhadap berat badan.
5 Tips Cegah Anorexia Nervosa Pada Remaja
Sumber Gambar : www.yulycha.blogspot.com
Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mencegah anorexia pada remaja.
  1. Mulai langkah mencegah anorexia ketika anak masih berusia dini : Ajarkan anak-anak untuk menilai tubuh secara positif, terutama pada anak perempuan yang lebih rentan mengalami anorexia. Ajari anak bahwa makan dan olahraga penting untuk kesehatan, bukan untuk memiliki tubuh “sempurna”. Jangan meminta anak melakukan diet, kecuali anak tersebut mengalami kelebihan berat badan yang signifikan.
  2. Perhatikan anak remaja Anda : Anorexia bisa menyerang siapa saja dan lebih umum terjadi pada gadis tipe perfeksionis. Dengarkan anak Anda jika mereka mulai mengklaim dirinya gemuk, padahal kenyataannya tidak demikian. Untuk membantu mencegah anorexia, pastikan anak mengkonsumsi makanan yang cukup serta tidak melakukan olahraga pada tingkat ekstrim.
  3. Buka komunikasi dengan anak : Buka komunikasi dengan anak serta hindari sikap menghakimi sehingga anak leluasa membicarakan ketakutan dan kecemasannya. Anak-anak yang memiliki komunikasi terbuka dengan orang tua memiliki risiko lebih kecil menderita anorexia.
  4. Berkomentar positif terhadap bentuk tubuh seseorang : Perhatikan bagaimana Anda menggambarkan atau berkomentar terhadap tubuh orang lain. Mengomentari bentuk atau ukuran tubuh orang lain terutama dengan nada menghina akan menyebabkan anak-anak takut orang lain akan berkomentar yang sama terhadap tubuhnya. Mereka tidak ingin orang-orang berbicara tentang mereka seperti Anda berbicara tentang orang lain.
  5. Jangan berkomentar negatif tentang tubuh orang lain meskipun hanya dalam nada berkelakar : Remaja umumnya sangat sensitif dan tidak suka ditertawakan.
Sumber : Klik Gaya

Semoga Bermanfaat, Sehat Sukses Selalu

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates