Jadi Kaya dan Rendah Hati

Saturday, March 15, 2014

Kenapa Orang Yang Idiot Kaya, Saya Tidak ?


Kenapa Orang Yang Idiot Kaya, Saya Tidak ?
Sumber Gambar : http://www.business2community.com
"Orang Pintar membuat sesuatu yang sederhana menjadi rumit, orang idiot membuat sesuatu yang rumit menjadi sederhana."
Kisah Profesor dan Nelayan

Suatu minggu (jenuh saya rasa menggunakan kata suatu hari) seorang profesor pergi untuk melakukan penelitian di sebuah pedalaman. Sulitnya medan perjalanan memaksa profesor ini untuk menempuh jalur yang lain yaitu sebuah sungai. Tanpa berfikir panjang sang profesor segera mencari seorang nelayan untuk menyeberangi sungai tersebut.

Selama perjalanan di atas kapal sang profesor bertanya kepada sang nelayan, "Apakah Bapak pernah belajar biologi?" Dengan polos sang nelayan menjawab, "Apa itu biologi? Makanan ikan, ya?" Dengan nada menggurui sang profesor menjawab, "Masak Anda tidak tahu apa itu biologi? Itu artinya Anda sudah kehilangan 20 persen dari bagian hidup Anda!" Beberapa menit kemudian sang profesor menjawab kembali bertanya, "Apakah Bapak tahu apa itu fisika?" Dengan minder sang nelayan menjawab, "Yang pasti bukan makanan ikan, kan?" Dengan nada yang meremehkan sang profesor menjawab, "Ck ck ck..., Anda sama saja sudah kehilangan 50 persen dari bagian hidup Anda!" Selang beberapa waktu sang profesor kembali bertanya, "Kalau Anda tidak tahu apa itu biologi dan fisika, tentu Anda tahu tentang geografi, bukan?" Sang nelaya menjawab, "Saya memang idiot, saya pun tidak tahu apa itu geografi. "Dengan tertawa terbahak-bahak sang profesor berkata, "Anda betul-betul sudah kehilangan 80 persen dari bagian hidup Anda!"

Sesaat sebelum sang profesor memberikan pertanyaan keempat, arus sungai mendadak berubah menjadi deras. Derasnya arus membuat kapal bergoyang dengan sangat keras. Sang profesor tidak dapat menguasai keseimbangan dan terjatuh ke dalam sungai. Dengan panik sang profesor berteriak, "LONTONG! Eh TOLOOOOONNGGGGG!" Dalam keadaan panik sang nelayan bertanya, "Anda tidak bisa berenang?" Dalam keadaan tenggelam sang profesor menjawab, "Saya tidak bisa berenang!!" Dengan berani sang nelayan menjawab, "Kalau begitu Anda sudah kehilangan 100 persen dari bagian hidup Anda!"

Cerita ini mungkin hanyalah cerita fiksi belaka, namun inilah yang sering terjadi dalam kehidupan nyata. Seorang yang sangat pintar belum tentu bisa menggunakan pengetahuannya untuk bertahan hidup. Pengetahuan adalah kekuatan sampai Anda menggunakannya.

"Knowledge is nothing, applying what you know is everything."

5 Perbedaan orang pintar dan orang idiot
  1. Orang pintar menyukai kepastian, orang idiot menyukai ketidakpastian.
  2. Orang pintar terlalu serius, orang idiot suka bersenang-senang.
  3. Orang pintar tahu, orang idiot tidak tahu.
  4. Orang pintar senang menjadi pengamat sejarah, orang idiot senang menjadi pelaku sejarah.
  5. Orang pintar cepat tersinggung dan tidak mengakui kesalahan, orang idiot pemaaf dan mengakui kesalahan.
  6. BONUS, orang pintar..minum tolak angin. Huehehe :)
Bersambung ya sobat dykapede :-)

Disadur dari buku Motivasi Bong Chandra

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates