Jadi Kaya dan Rendah Hati

Sunday, April 20, 2014

Melihat Strategi Kekuasaan dan Kerajaan Syeitan

Ilustrasi : http://2.bp.blogspot.com/
Dalam kesempatan ini, Allah SWT menciptakan manusia dan jin untuk melaksanakan ibadah kepadaNya. Manusia yang ingkar terhadap perintah ini, dinamakan dengan kafir. Sedangkan jin yang ingkar dalam perintah ini, dinamakan dengan syeitan.Dalam perkembangannya, jin kafir (syeitan) bersekongkol dan menjadi bala tentaranya iblis untuk menggelincirkan manusia dengan berbagai macam cara dan jalan dari hal-hal yang di ridhoi oleh Allah SWT. Pada hakekatnya, hanya ada satu iblis yaitu yang ingkar kepada perintahNya untuk sujud kepada Nabi Adam Alaihissalam. Iblis inilah yang kemudian menjadi raja dari para syeitan, yang ditakuti pun mereka semua (syeitan) tunduk kepada komando juga perintah iblis untuk mencari teman guna menemani mereka (iblis) di neraka nanti.

Upaya kekuatan iblis diyatakan dalam surat Al-A'roof ayat 16-17 : 

Caranya Bagaimana :
"Wahai Allah (kata iblis) dari sebab engkau telah menghukum dan mengusir saya dari surga, maka saya berjanji akan menipu juga menggelincirkan mereka (adam) beserta keturunNya dari jalanMu yang lurus, tidak lain adalah agamaku yaitu islam. Dengan segala macam cara dan jalan, iblis akan berusaha menggelincirkan manusia dari jalan yang lurus." Al-A'roof ayat 16
"Akan kami datangi mereka (manusia), akan kami goda mereka (manusia) dari arah sebelah depan. Kalau cara itu gagal, kami goda dari sebelah belakang. Andaikata cara itupun tidak mempan, dari arah sebelah kanan, kalaupun tidak berhasil juga, kami pun akan datang dari sebelah kiri. Intinya dari 4 (empat) penjuru angin, iblis beserta prajuritnya (syeitan) belum akan puas sebelum kita tergelincir dari jalan lurus yang di ridhoi oleh Allah SWT." Al-A'roof ayat 17
Sebagian Ahli Tafsir Mengungkapkan :

  • Jika iblis menggangu dari arah depan, yang dimaksud adalah dunia. Sehingga manusia, menjadikan dunia sebagai tujuan akhir dari seluruh kegiatan hidupnya. Ia pergi pagi pulang sore, peras keringat, banting tulang, tidak ada yang dikejar kecuali dunia dan hanya untuk kepentingan dunia. Dunia yang membuat orang berpaling daripada akhirat, dunia yang membuat orang lupa kepada tujuan penciptaanNya. Maka dunia termasuk perangkap iblis. Apa isi dunia. Lazimnya adalah 3 TA. Harta, tahta dan wanita. Ketiga hal itu yang membuat kita sibuk, sehingga lupa kepada tujuan penciptaanNya.  Untuk apa kita diciptakan oleh Allah. "Kami goda mereka (iblis) dari arah depan dengan menyodorkan keindahan gemerlap dunia dalam bentuk yang hijau ranau, manis sehingga kita tenggelam lalu melupakan akhirat. 
  • Bila ini gagal (iblis), kami datang dari sebelah belakang. Kami lupakan mereka (manusia) kepada akhirat. Yah, itu adalah urusan nanti. Terpenting adalah yang kita hadapi sekarang adalah dunia. Akhirat kita belum tahu bahkan belum tentu ada. Yang sudah pasti saja kita buat. Melupakan akhirat.
  • Yang dimaksud dari arah sebelah kanan. Iblis dan syeitan selalu menghalangi manusia untuk berbuat kebaikan. Karena kanan adalah lambang kebajikan dan kiri adalah lambang kejahatan. Mencegah dan selalu membisikkan (iblis) agar selalu melakukan kejahatan dan kemunkaran. Dan akan kamu dapati sedikit sekali diantara manusia yang bersyukur atas nikmat yang telah engkau berikan kepada mereka. Ditanamkan rasa ingkar kepada nikmat. Jika kita tidak kufur iman, dibuatnya kufur nikmat. Mengeluh padahal hidup sudah serba cukup. Merasa masih sangat kurang, padahal orang lain sudah titik air liurnya melihat keadaan kita. Sedikit sekali diantara mereka (manusia) yang pandai bersyukur kepada nikmat yang telah engkau berikan itu ya Allah. Untuk ingkar nikmat, bisikan selalu datang dari iblis. "Coba lihat itu (syeitan), temanmu yang tidak pernah shalat rezekinya lancar, kamu berhenti saja shalat. Yang tidak pernah ke masjid, pangkatnya naik terus. Udaahh, berhenti saja ke masjid." Atau setidaknya-tidaknya mengeluh dalam hati, sepertinya Tuhan tidak adil kenapa kok rezeki seret beneeerrrr. Pada dasarnya, Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Jika begini keadaan kita, inilah yang terbaik buat kita menurut pertimbangan Allah karena Ia lebih tahu itu. Sebagai pencipta, Allah selalu meberikan yang terbaik bagi kita semua.
Sore setelah iblis syeitan bekerja :

Syeitan : Pak, saya gagal menggoda si budi karena imannya kuat.
Komandan : Gobloook kamu!! Dengan apa kamu menggodanya?"
Syeitan : Dengan kedudukan.
Komandan : Dia tidak mau?
Syeitan : Tidak mau pak!
Komandan : Tempuh dengan jalan lain!! Barangkali dengan harta. Kalau dengan harta tidak bisa...barangkali dengan wanita. Tempuh dengan segala macam cara..!!"

Itulah beberapa ilustrasi cerita yang saya simpulkan dari dakwah almarhum KH. Zainudin MZ. Semoga kita adalah orang terpilih yang selalu dilindungi oleh Allah SWT, tak lain adalah langkah menuju istiqamah.





Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates