Jadi Kaya dan Rendah Hati

Thursday, April 17, 2014

Perbedaan Diantara Seni dan Desain

Subyek apa yang memisahkan seni dan desain adalah berbelit-belit dan telah diperdebatkan untuk waktu yang lama.
Seniman dan desainer keduanya membuat komposisi visual yang menggunakan basis pengetahuan bersama, tetapi alasan mereka untuk melakukannya adalah sama sekali berbeda.
Beberapa desainer menganggap dirinya seniman, tetapi beberapa seniman menganggap diri mereka desainer.
Jadi apa sebenarnya perbedaan antara seni dan desain? Dalam posting ini, kita akan mempelajari dan membandingkan beberapa prinsip inti dari setiap kerajinan.
Ini adalah topik bahwa orang memiliki pendapat yang kuat tentang, dan saya tak sabar untuk membaca berbagai sudut pandang di komentar.
Posting ini bukan panduan definitif, melainkan titik awal untuk percakapan, jadi mari kita berpikiran terbuka!
Seni Adalah Menginspirasi, Desain Adalah Untuk Memotivasi.
Diantara Seni dan Desain, Keduanya Berbeda
Ilustrasi : webdesignerdepot.com

Mungkin perbedaan yang paling mendasar antara seni dan desain yang kita semua bisa sepakat pada adalah tujuan mereka.

Biasanya, proses penciptaan sebuah karya seni dimulai dengan apa-apa, sebuah kanvas kosong. Sebuah karya seni berasal dari pandangan atau pendapat atau perasaan bahwa artis memegang dalam dirinya sendiri.
Mereka menciptakan seni untuk berbagi perasaan itu dengan orang lain, untuk memungkinkan pemirsa untuk berhubungan dengan itu, belajar dari itu atau terinspirasi olehnya.
Yang paling terkenal (dan sukses) karya seni saat ini adalah mereka yang membangun ikatan emosional kuat antara artis dan penonton mereka.
Sebaliknya, ketika seorang desainer menetapkan untuk membuat sebuah bagian baru, mereka hampir selalu memiliki titik awal tetap, apakah pesan, gambar, ide atau tindakan.
Tugas desainer adalah tidak menciptakan sesuatu yang baru, tetapi untuk menyampaikan sesuatu yang sudah ada, untuk suatu tujuan.
Tujuan yang hampir selalu untuk memotivasi penonton untuk melakukan sesuatu: membeli produk, menggunakan layanan, mengunjungi lokasi, mempelajari informasi tertentu. Desain yang paling sukses adalah mereka yang paling efektif mengkomunikasikan pesan mereka dan memotivasi konsumen mereka untuk melaksanakan tugas.
Seni Untuk Mentafsirkan Sesuatu, sedangkan Desain Tak Lain Untuk Memahami.
Diantara Seni dan Desain, Keduanya Berbeda
Ilustrasi : webdesignerdepot.com
Perbedaan lain antara seni dan desain adalah bagaimana pesan dari masing-masing diinterpretasikan oleh khalayak masing-masing.
Meskipun seorang seniman menetapkan untuk menyampaikan sudut pandang atau emosi, yang tidak berarti bahwa sudut pandang atau emosi memiliki makna tunggal.
Seni menghubungkan dengan orang-orang dengan cara yang berbeda, karena itu ditafsirkan berbeda.
Da Vinci Mona Lisa telah ditafsirkan dan dibahas selama bertahun-tahun. Hanya kenapa dia tersenyum? Para ilmuwan mengatakan itu ilusi yang diciptakan oleh visi periferal Anda.Romantics mengatakan ia jatuh cinta. Skeptis mengatakan tidak ada alasan. Tak satu pun dari mereka yang salah.
Desain adalah sangat berlawanan. Banyak orang akan mengatakan bahwa jika desain dapat "diartikan" sama sekali, telah gagal dalam tujuannya.
Tujuan mendasar dari desain adalah untuk mengkomunikasikan pesan dan memotivasi penonton untuk melakukan sesuatu.
Jika desain Anda mengkomunikasikan pesan lain dari yang Anda inginkan, dan penampil Anda pergi dan melakukan sesuatu yang didasarkan pada pesan lain, maka belum memenuhi kebutuhannya. Dengan potongan yang baik dari desain, pesan yang tepat perancang dipahami oleh penonton.
Seni Adalah Sebuah Rasa, sedangkan Desain Menghasilkan Opini.
Diantara Seni dan Desain, Keduanya Berbeda
Ilustrasi : webdesignerdepot.com
Seni dinilai oleh opini, dan pendapat diatur oleh rasa.
Untuk penggemar seni modern berpikiran maju, sepotong Tracey Emin "My Bed", yang terpilih untuk Turner Prize pada tahun 1999, mungkin ketinggian ekspresi artistik.
Untuk pengikut seni yang lebih tradisional, mungkin penghinaan terhadap media. Ini kembali ke titik kita tentang penafsiran, tapi rasa lebih tentang suka dan tidak suka orang-orang tertentu daripada pesan yang mereka mengambil dari sepotong.
Desain memiliki unsur rasa, tetapi perbedaan antara desain yang baik dan buruk sebagian besar adalah masalah pendapat.
Sepotong baik desain masih bisa sukses tanpa selera Anda. Jika menyelesaikan tujuannya dipahami dan memotivasi orang untuk melakukan sesuatu, maka apakah itu baik atau tidak adalah masalah pendapat.
Kita bisa terus membahas titik tertentu ini, tapi mudah-mudahan prinsip dasar jelas.
Seni Ada Didalam Bakat, dan Desain Tercipta Melalui Keterampilan.
Diantara Seni dan Desain, Keduanya Berbeda
Ilustrasi : webdesignerdepot.com
Bagaimana Dengan Kemampuan Pencipta?
Lebih sering daripada tidak, seorang seniman memiliki kemampuan alami. Tentu saja, dari usia muda, artis tumbuh menggambar, melukis, mematung dan mengembangkan kemampuan mereka.
Tetapi nilai sebenarnya dari seorang seniman dalam bakat (atau kemampuan alami) mereka lahir. Ada beberapa tumpang tindih di sini: seniman yang baik tentu memiliki skill, tetapi keterampilan artistik tanpa bakat, bisa dibilang, tidak berharga.
Desain, meskipun, adalah benar-benar sebuah keterampilan yang diajarkan dan dipelajari. Anda tidak perlu menjadi seorang seniman besar untuk menjadi seorang desainer yang besar; Anda hanya perlu untuk dapat mencapai tujuan desain.
Beberapa desainer paling dihormati di dunia adalah terbaik dikenal untuk gaya minimalis mereka. Mereka tidak menggunakan banyak warna atau tekstur, tetapi mereka menaruh perhatian besar terhadap ukuran, posisi, dan jarak, yang semuanya bisa dipelajari tanpa bakat bawaan.
Seni Ada Didalam Bakat, dan Desain Tercipta Melalui Keterampilan.
Diantara Seni dan Desain, Keduanya Berbeda
Ilustrasi : webdesignerdepot.com
Ini benar-benar berada di bawah titik kedua tentang interpretasi dan pemahaman. Tetapi jika Anda mengambil hanya satu hal dari artikel ini, mengambil titik ini.
Banyak desainer menganggap dirinya seniman karena mereka menciptakan sesuatu yang menarik secara visual, sesuatu yang mereka akan bangga bagi orang untuk menggantung di dinding dan mengagumi.
Tapi komposisi visual yang dimaksudkan untuk menyelesaikan tugas tertentu atau mengkomunikasikan pesan tertentu, tidak peduli betapa indah, bukan seni. Ini adalah bentuk komunikasi, hanya jendela ke pesan yang dikandungnya.
Beberapa seniman menyebut diri mereka desainer karena mereka tampaknya lebih memahami perbedaan. Seniman tidak membuat pekerjaan mereka untuk menjual produk atau mempromosikan layanan. Mereka menciptakan itu semata-mata sebagai sarana ekspresi diri, sehingga dapat dilihat dan dihargai oleh orang lain. Pesan itu, jika kita bahkan dapat menyebutnya begitu, bukan fakta tapi perasaan.
What Do You Think?
Tergantung pada bagaimana Anda melihatnya, perbedaan antara seni dan desain dapat jelas atau kabur. Kedua tentu tumpang tindih, tapi seni lebih personal, membangkitkan reaksi kuat pada mereka yang terhubung dengan subjek.
Aku akan meninggalkan Anda dengan kutipan ini dari Craig Elimeliah, yang meliput hal ini dalam sebuah artikel yang fantastis untuk AIGA, yang saya temukan selama penelitian saya untuk posting ini.
"Saya tidak mengklaim menjadi ahli pada mendefinisikan apa seni dan apa yang tidak, tapi aku tahu bahwa jika kita melihat perbedaan antara seni dan desain kita akan melihat garis yang sangat jelas ditarik antara keduanya.
Seorang insinyur, jika diberi tepat koordinat untuk menempatkan piksel warna yang berbeda di tempat-tempat tertentu, bisa membuat website yang indah atau iklan hanya dengan mengikuti petunjuk; sebagian besar proyek desain memiliki set instruksi rinci dan sebagian desain didasarkan pada tren saat ini dan pengaruh.
Seorang seniman, di sisi lain, tidak akan pernah bisa diberi petunjuk khusus dalam menciptakan kacau dan unik karya baru karena emosi dan jiwanya mendikte gerakan tangan dan dorongan untuk penggunaan medium.
Tidak ada art director akan berteriak pada seorang seniman untuk menghasilkan sesuatu yang benar-benar unik karena itu adalah apa yang membuat seorang seniman seniman dan bukan seorang desainer. "



Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates