Jadi Kaya dan Rendah Hati

Thursday, June 26, 2014

3 Tipe Konsumen Yang Biasanya Dihadapi

Pesan Kearifan Nabi SAW :

"Semoga Allah berkenan merahmati seseorang yang toleran (tidak kaku) ketika menjual, ketika membeli, dan ketika (meminta haknya lewat) peradilan." (HR Bukhari)
Fleksibilatas dalam bisnis sangat diperlukan, apalagi dalam bisnis yang bergerak dinamis serta selalu diwarnai oleh perubahan yang mengejutkan. Dalam bisnis, seseorang akan menghadapi berbagai tipe konsumen dengan segala harapan dan keinginan. Berikut tiga tipe konsumen yang biasanya dihadapi.

3 Tipe Konsumen Yang Biasanya Dihadapi
Ilustrasi : http://ictwatch.com/
1. Tipe Pemerhati Harga

Konsumen jenis ini sangat berkonsentrasi pada harga yang efisien atau murah. Mereka umumnya tidak terlalu ingin mendengar soal kualitas atau keunggulan sebuah produk/jasa. Dalam benak mereka adalah bagaimana mendapatkan harga yang benar-benar murah. Untuk itu, tipe konsumen seperti ini biasanya selalu memiliki data harga dari pedagang lain atau harga kompetitor.

Tentu dengan konsumen seperti ini harus diyakinkan tentang harga yang ditawarkan. Boleh-boleh saja seorang pedagang menyebutkan berapa modal yang dikeluarkannya dan berapa laba yang diambilnya. Namun, jangan sekali-kali berbohong soal modal karena akan tercatat dalam pertimbangan amal sebagai keburukan.

2. Tipe Pemerhati Kualitas

Konsumen jenis ini sangat menimbang-nimbang soal kualitas. Apabila mereka tidak terlalu paham, mereka akan meminta seseorang yang ahli untuk memberikan pendapat atas pilihannya. Konsumen seperti ini bahkan lebih detail soal adanya garansi, ketersediaan suku cadang produk, dan layanan purnajual. Karena itu, jangan heran pula jika konsumen jenis ini bisa melontarkan kritik soal pelayanan.

3. Tipe Pemakai

Konsumen jenis ini akan membandingkan produk/jasa dengan apa yang paling mereka butuhkan. Spesifikasi produk sangat menjadi perhatian, termasuk juga kemampuan penggunaan serta masalah mereka. Karena itu, faktor kemudahan penggunaan serta kecanggihan produk akan menjadi pertimbangan yang berarti. Dari hal ini kemudian muncul istilah user friendly untuk menyebut produk yang ramah dalam penggunaan atau dengan kata lain tidak rumit.

Pedagang atau pebisnis tentu dituntut menguasai benar tentang spesifikasi produk yang dijualnya, keterangan pabrikan, dan cara penggunaannya yang tepat. Keliru jika mampu menjelaskan spesifikasi ataupun menggunakannya karena Anda hanya seorang penjual.

3 Tipe Konsumen Yang Biasanya Dihadapi
Ilustrasi : http://www.tobiasmik.dk/
Karena itu, Nabi Muhammad SAW sudah mengisyaratkan fleksibilitas dalam bisnis dengan bermurah hati ketika menjual dalam soal harga, berkonsentrasi terhadap pemilihan barang-barang yang berkualitas, serta berusaha mendapatkan informasi produk berikut cara penggunaannya.

"Orang yang fleksibel dalam menjual akan mudah diingat di benak konsumen."
Jadi, toleran dalam menjual maupun membeli, bahkan mempermudah mereka yang sedang kesulitan adalah bagian dari fleksibilitas bisnis yang kita perlukan saat ini. Orang yang fleksibel dalam menjual akan mudah diingat di benak konsumen. Sebaliknya, orang yang fleksibel dalam membeli juga akan diingat oleh penjual sebagai pelanggan yang harus dilayani dengan baik.

Itulah 3 tipe konsumen yang biasanya dihadapi yang saya baca dari buku Business Wisdom of Muhammad SAW. Semoga kita para pengusaha, pebisnis, pedagang juga pembeli menjadi orang yang tahu bersikap dan berucap. Semoga manfaat, penuh syukur semangat luar biasa.


Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates