Jadi Kaya dan Rendah Hati

Tuesday, July 1, 2014

10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda

Begitu banyak orang memiliki kemauan untuk memulai usaha juga membuka sebuah bisnis. Mulai dari pendidikan, kuliner, jasa, digital, sosial partner dan lainnya. Pertanyaannya adalah, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga agar produk atau jasa kita tetap dikenali oleh orang lain, sehingga mampu bersaing dengan baik. Berikut adalah 10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda yang saya baca dan kutip dari majalah online Universitas Online Ciputra. Yuk kita simak :D :

10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda
Ilustrasi : http://ventureburn.com/

1. Buatlah Desain Logo Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda
Sebelum Anda membuat brand untuk perusahaan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti menyesuaikan tema brand yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang makanan, maka brand yang dibangun harus mencerminkan produk serta image perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh oleh pelanggan. Tahap selanjutnya, Anda harus memperhatikan brand element yang digunakan, seperti nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan pergerakan.
2. Ciptakan Desain Logo Perusahaan Yang Baik
Bisnis Anda akan terlihat amat profesional dimata pelanggan Anda dengan menggunakan desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta mudah diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah kompetisi antar brand dengan jenis produk yang sama. Misalnya Starbucks, begitu mendengar brand tersebut, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang diciptakan Starbucks, itulah branding Starbucks.

3. Pilih Alat Marketing yang Sesuai Untuk Meningkatkan Brand Anda di Mata Publik
Alat marketing yang pertama adalah branding melalui website. Saat ini memang hampir segala jenis bisnis usaha baik skala besar maupun skala kecil sudah memiliki website. Walaupun skala usaha Anda kecil namun branding melalui sebuah website menjadi penting karena website adalah tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda. Dengan website, bisnis yang Anda jalankan dapat dikenal ditengah target market. Website saat ini sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk mengenal bisnis Anda, mengenali produk Anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.
Marketing tool yang kedua adalah menggunakan mobil branding. Mobil branding atau yang biasa disebut  vehicle branding atau branding pada kendaraan seperti halnya mobil, bus atau truk merupakan salah satu strategi marketing dengan target market tertentu. Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan pada akhirnya membeli produk atau memakai jasa layanan Anda. Sama seperti kegiatan branding lainnya, tentu desain mobil branding harus menarik agar bisa menarik perhatian masyarakat mengingat setiap hari target market Anda dibombardir dengan banyak iklan. Hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memakai strategi vehicle branding maka desain harus stand out from the crowd  yang berarti memiliki desain yang baik dan sangat mengundang perhatian.
4. Berinteraksi melalui Sosial Media
Tidak dapat dipungkiri, sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google + dapat meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan pebisnis yang menginginkan perkembangan pada bisnisnya dan melakukan komunikasi dua arah dengan cepat. Penggunaan sosial media dapat digunakan sebagai ujung tombak pergerakan pergerakan kegiatan komunikasi dan pemasaran bisnis yang kini sudah menjadi sebuah kewajiban. Banyak keuntungan yang dapat Anda raih dengan meningkatkan brand awareness bisnis Anda di sosial media.
10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda
Ilustrasi : http://emergingworld.org/
Keuntungannya melingkupi top of mind, brand recall dan brand recognition. Dengan menggunakan media sosial yang sudah tersedia, interaksi Anda dengan pihak bisa tercipta dengan baik.
5. Menggunakan Partnership untuk Membangun Brand Awareness
Bekerja sama dengan partner influencer dapat meningkatkan brand awerness Anda. Partner yang mempunyai network yang sangat kuat biasanya mempunyai banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan partner Anda, Anda dapat bertukar pelanggan/subsriber sehinga dapat menjadi win-win solution bagi kedua pihak. Selain itu, partner Anda juga bisa menjadi media untuk mempublish konten Anda sehingga dapat kepada para subscribernya. Partner juga bisa meningkatkan nilai jual event  yang bisnis Anda selenggarakan. Pastikan Anda memilih untuk bekerja sama dengan partner yang sesuai dengan target market bisnis Anda.
6. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding Bisnis Anda
Dengan menciptakan sebuah blog dimana bisnis Anda bisa memberikan informasi tambahan dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda bisa memberikan tips-tips yang berguna untuk para subscriber Anda. Bahkan, melalui blog, Anda juga mendapat kesempatan bertambahnya pelanggan karena adanya subscriber yang menjadi pelanggan.
7. Ciptakan Pesan yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya
Walaupun pesan marketing ditujukan untuk tujuan komersial namun tentunya tak cukup memberikan fans Anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans menyebarkan dan menciptakan konten mereka sendiri. Tentu hal ini ada resikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parody. Namun itu semua merupakan elemen daripada sebuah kampanye marketing.
8. Berikan Fans Kesempatan untuk Berpartisipasi
Fans suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand yang ia sukai. Event seperti melemparkan pertanyaan melalui Facebook Page bisnis Anda tentunya juga akan menarik perhatian fans untuk menjawabnya segera. Apalagi mengajak mereka untuk mengklik tombol like di post Facebook Page Anda untuk memenangkan hadiah dari brand Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian terget market Anda.
9. Hargai Superfans Anda
Menjadi fans dari sebuah brand sangatlah mudah, namun yang harus Anda hargai dan perhatikan dengans seksama adalah superfans Anda. Superfans merupakan kelompok orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tiada batas. Berikan reward untuk mereka berupa hadiah complimentary yang tidak harus mahal namun memiliki makna tersendiri.
10. Be Consistent!
Bersikaplah konsisten dalam menggunakan berbagai perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo/desain yang konsisten, hal itu bisa menambah brand awareness terhadap produk Anda. Perubahan pada desain logo/brand bisnis Anda dapat mempengaruhi brand Anda di mata publik.
10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda
Ilustrasi : http://marriagelifeministries.org/
Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis, seperti logo makan Wendy's, mereka hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu berbeda dengan logo lamanya. Ada juga contoh perusahaan yang dari berdiri hingga sekarang tidak merubah logonya sama sekali, perusahaan tersebut adalah McDonald, dimana konsep desain logonya konsisten berlambang "M".

Itulah, 10 Langkah Untuk Meningkatkan Brand Anda. Semoga manfaat, silahkan di informasikan kepada rekan, keluarga juga sahabat baik Anda semua. Salam Luar Biasa

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates