Jadi Kaya dan Rendah Hati

Thursday, July 10, 2014

Lepas Dari Kesombongan

Pesan Kearifan Nabi SAW :

"Barang siapa yang memikul sendiri barang dagangannya, berarti ia benar-benar telah terlepas dari kesombongan." (HR Al-Baihaqi)
Lepas Dari Kesombongan
Ilustrasi : www.freepik.com
Derajat seorang pebisnis biasanya naik mengikuti suksesnya. Pada awalnya, ia bekerja sendiri atau bersama istrinya. Lalu, kemudian ia pun mampu untuk menggaji seorang karyawan. Makin hari usahanya makin bertambah maju sehingga ia pun menjadi seorang pebisnis dengan puluhan karyawan. 

Nabi Muhammad SAW, pernah mencapai sukses seperti itu. Awalnya ia berdagang sendiri, lalu memutarkan modal yang dititipkan padanya. Lalu, ia sukses sebagai manager dagang dan memiliki beberapa karyawan. Namun, sekali-kali tidak pernah lepas kesombongan dari Nabi SAW, untuk mengangkat sendiri barang dagangannya.

Adakalanya, seorang pebisnis yang telah menjadi bos merasa gengsi untuk mengangkat sendiri barang dagangan. Ia lebih baik menyuruh para karyawannya karena menganggap itu sudah bagian tugas mereka. Padahal, sebenarnya tidak berkurang kehormatan seorang bos apabila ia sendiri mau mengangkut barang dagangannya karena hal itulah yang pernah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Lepas Dari Kesombongan
Ilustrasi : http://imgarcade.com/
Sungguh brilian ujian yang ditetapkan Nabi Muhammad SAW, bahwa seorang pedagang yang mau memikul sendiri barang dagangannya, benar-benar telah terlepas dari kesombongan. Cenderung memang kita tampak berkuasa sambil bertolak pinggang manakala barang-barang dagangan kita diangkut oleh orang lain, seperti kuli ataupun seorang karyawan. Alhasil, muncullah kesombongan dalam hati sebagai bos yang sudah bisa memerintah orang. Sungguh, bagi seorang pebisnis hal ini tidak akan memberikan keuntungan apa-apa selain rasa angkuh yang bisa membutakan diri.

Semoga kita menjadi seorang pengusaha yang bijaksana. Aamiiin...

Inspirasi Buku : Bambang Trim - 40 Kedahsyatan Bisnis Ala Nabi SAW

Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates