Jadi Kaya dan Rendah Hati

Thursday, November 26, 2015

4 Cara Mengetahui & Peka Terhadap Indera Bayi Yang Baru Lahir

Begitu lahir, bayi Anda sudah sangat peka dan sadar terhadap lingkungan. Ia siap belajar segala hal.

Langkah pertama yang harus dilakukan bayi baru lahir adalah menjalin ikatan (bonding) lahir batin dengan orang-orang yang paling dekat dengannya, yakni ayah dan bundanya. Karenanya, manfaatkan semua indera Anda, termasuk intuisi, untuk membaca isyarat-isyarat dari bayi, sebagai bahasa universal untuk berkomunikasi dan menjalin ikatan batin dengannya.



Terjalinnya ikatan batin itu diawali lewat sentuhan dan tatapan mata. Bayi akan menggunakan seluruh indera yang dimilikinya tidak saja untuk mengenal Anda, melainkan juga jatuh cinta pada Anda. Setelah Anda dan si kecil saling jatuh cinta, maka apa yang Anda rasakan di lubuk sanubari Anda itulah makna ikatan batin atau bonding yang sesungguhnya.

Pandangan. Kemampuan penglihatan bayi masih sangat terbatas. Jarak pandang terjauhnya tidak lebih dari 25 cm. Maklumlah dunianya masih sebatas payudara ibu saat ia disusui.

Ikatan batin antara Anda dan anak melalui indera penglihatan terbentuk melalui tatapan mata. Yaitu tataplah mata anak sesering mungkin, terutama pada saat menyusuinya. Biarkan jari-jari mungil tangannya meraih serta menyentuh wajah Anda sebagai upaya untuk lebih mengenal Anda, orang yang paling dekat dengan dirinya.

Sentuhan. Menurut A. Christine Harris, PhD, psikolog anak di Consumnes River College, California, Amerika Serikat, sentuhan sangat besar maknanya bagi bayi. Sentuhan berperan sebagai pelengkap pelajaran pertama mengenal dunia barunya, yang dilakukan bayi pada hari-hari pertamanya.

Untuk membantu fungsi indera bayi, sentuhlah kulitnya yang halus dan lembut sesering mungkin. Sensasi pada ujung-ujung saraf peraba Anda pada kulit bayi memungkinkan Anda berdua untuk saling mengenal lebih dalam satu sama lain, sebagai proses terciptanya ikatan batin yang kuat.

Pendengaran. Telinga merupakan salah satu dari pintu masuk informasi atau data ke dalam otak bayi. Suara dan kata-kata lembut bernada positif, akan menjadi sebuah masukan data yang baik dalam benak bayi Anda

Semakin banyak data baik yang Anda masukan ke dalam otak anak lewat pendengarannya, akan semakin kaya pula perbendaharaan bayi tentang kebaikan. Ucapkanlah kata-kata positif dengan nada lembut di telinganya, baik dengan menyebut namanya, maupun doa serta harapan Anda terhadap anak.

Penciuman. Indera penciuman pada bayi sangat membantu dalam mengenali kedua orang tuanya, terutama ibunya melalui kegiatan menyusui. Christine Harris menyatakan bahwa sudah terbukti ibu dan bayinya dapat saling mengenali melalui bau tubuh masing-masing. Bau yang dikenali oleh bayi, akan membuatnya tenang dan tidak rewel, serta merangsang bayi untuk minum ASI dengan lancar.

Sekalipun indera merupakan alat bantu dalam menjalin ikatan batin antara Anda dan si kecil, tapi jangan terlalu memaksakan diri serta terlalu lama merangsang indera-inderanya. Sebab, bayi yang masih sangat kecil, biasanya hanya mampu bertahan menerima rangsang pada indera-inderanya selama beberapa menit saja. Jadi, biarkanlah ikatan batin antara Anda dan bayi terbentuk mengalir apa adanya, sesuai naluri Anda masing-masing.

Sumber Artikel : www.ayahbunda.co.id



Software Akuntansi Customize

Popular Posts

Copyright © Blog Dykapede | Powered by Blogger
Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates